LINK (tautan) atau hyperlinks yaitu salah satu ciri khas blog atau website. Link merupakan salah satu keunggulan media online dibandingkan media off line (media cetak dan elektronik). Posting ini akan membahas jenis-jenis link di blog yang wajib kita pahami sebagai blogger.

Pengertian Link

 yaitu salah satu ciri khas blog atau website Jenis-Jenis Link di Blog
Link yaitu sebuah tautan yang jikalau diklik akan mengarahkan user membuka halaman web yang lain atau membuka posting lain, baik di dalam blog sendiri maupun blog lain. 

Contoh link: Tips & Trik SEO Blog. Jika link itu Anda klik, maka akan terbuka halaman blog lain.

Link menjadi ciri khas sekaligus sanggup meningkatkan seo blog, jikalau link tersebut berkualitas. 

Google sangat menganjurkan banyak link berkualitas di blog kita, terutama yang dikenal dengan sebutan internal link, yang berfungsi sebagai navigasi.

Jenis-Jenis Link

1. Backlink
Ini jenis link paling penting dalam dunia blogging. Backlink yaitu link yang masuk atau tautan ke blog kita yang ada di blog lain. Sederhananya, alamat URL blog kita ada dicantumkan di blog orang lain.

Jumlah backlink merupakan salah satu indikasi popularitas atau pentingnya blog kita dan menjadi salah satu faktor yang memilih rangking halaman (PageRank). 

Untuk mendapat banyak backlink, banyak blogger yang "salah kaprah", contohnya dengan melaksanakan komentar spam.  Alih-alih mendapat backlink, justru komentar spam malah sanggup menurunkan ranking blog.

2. Incoming Links = backlink
3. Inbound Links = backlink
4. Inlinks = backlink
5. Inward Links = backlink

6. Internal Link
Internal Link yaitu link atau tautan yang mengarah pada goresan pena lain di blog yang sama. Internal Link sangat dianjurkan oleh para pakar seo dan Google. 

Jenis link ini merupakan "navigasi" yang membantu mesin pencari dan user menjelajah konten blog. Contoh terbaik internal link yaitu di situs Wikipedia.

Selengkapnya wacana internal link, silakan buka Cara Membuat Internal Link  yang Benar. Nah, link ini yaitu contoh internal link! Cara menciptakan internal link, ya... ada di situ!

7. External Link
Link Eksternal yaitu link yang keluar,yaitu tautan dalam blog kita yang mengarah pada alamat blog orang lain. 

Terlalu banyak link yang keluar akan berdampak jelek bagi peringkat di mesin pencari. Ikon "Quickedit" berupa gambar pinsil dan tang+obeng termasuk link eksternal. Sebaiknya hapus dalam template blog Anda. (Baca: Cara Menghapus Outbound Link QuickEdit).

Google menyarankan, kita memakai tag rel="nofollow" bagi link blog yang tidak terpercaya atau tidak berkualitas. Para mahir seo juga menyarankan semoga kita memakai "nofollow" untuk eksternal link; sebaliknya, gunakan "dofollow" untuk link internal atau blog lain tapi milik sendiri atau milik teman (tukeran link).

8. Outbound = Eksternal Link

Jenis Link No. 1 s.d. 8 di atas yaitu jenis-jenis link blog yang terkait pribadi dengan SEO Blog. Masih ada jenis tautan lainnya, sebagai berikut:

9. Directory Link
Yaitu link yang ada dalam sebuah website khusus daftar link blog. Google menyatakan, JANGAN gunakan  directory link untik membangun link. "Don't Use Article Directories For Link Building".

10. Comment Link
Link menyerupai ini sanggup kita dapatkan saat kita menuliskan komentar pada blog yang memakai tag "do follow". Otomatis link kita akan terpasang di sana, namun tidak akan menjadi backlink jikalau blog tersebut menerapkan tag "nofollow". (Baca: Kaitan antara Komentar dan Backlink).

Itulah 10 jenis link di blog yang wajib kita pahami sebagai blogger. Anda sanggup menambahkan jenis link lainnya di kolom komentar. 

Good Luck dan Happy Blogging! (http://www.idtutorial.com).*

Share To:

Endo Sadewa

Post A Comment:

0 comments so far,add yours