Apa itu Ekstensi Domain?

Ekstensi domain atau TLD ialah belahan terakhir dari nama domain. Ini ialah aksara yang muncul setelah titik dan ke sisi kanan nama domain. 

Sebagai contoh, IDwebhost memakai domain .com (yaitu idwebhost.com) dan Wikipedia memakai domain .org (wikipedia.org). 

Domain pertama ialah .com, .net, dan .org. Mereka masih merupakan domain yang paling populer. 

Seiring waktu berlalu, ekstensi domain gres diperkenalkan. Ini termasuk domain khusus negara ibarat .co.id atau .com.de, dan ekstensi umum ibarat .travel, .app, .mobi, .photography, dan lainnya.

Hari ini, ada ratusan domain yang tersedia yang sanggup dipakai untuk memulai sebuah situs web. Anda sanggup mendaftarkan nama domain dari salah satu pendaftar domain teratas ini. 

Beberapa pendaftar menunjukkan lebih banyak variasi daripada yang lain. Biaya untuk setiap domain akan bervariasi, dan beberapa yang gres cukup mahal kalau dibandingkan dengan ekstensi .com, .net, dan .org yang populer. 

Setelah Anda membeli nama domain, Anda masih memerlukan hosting terbaik untuk menciptakan situs web.

Haruskah Anda Pilih Ekstensi Domain Saat Buat Website?

Ketika Anda ingin membuat website, pilihlah nama domain yang sempurna lantaran sangat menghipnotis keberhasilan situs web Anda. Bagian ekstensi dari domain Anda menghipnotis pencitraan merek Anda. 

Ekstensi domain gres tidak begitu terkenal lantaran kebanyakan orang tidak dekat dengan mereka. Bahkan, beberapa pengguna mungkin tidak mengenali mereka sebagai nama domain yang tepat. 

Domain .com telah menjadi identik dengan internet. Hampir 46% dari semua nama domain terdaftar ialah domain .com. Inilah sebabnya mengapa saya menyarankan hanya memakai domain .com. 

Domain .com gampang diingat. Sebagian besar pengguna internet secara naluriah memakai .com dikala memasukkan alamat situs web di browser mereka. Karena popularitas nama domain .com, mereka lebih gampang untuk mempromosikan dan membantu Anda menyebarkan bisnis. 

Nama domain .com sanggup dipakai untuk buat website hampir di semua jenis. Fleksibilitas ini juga memberi Anda kebebasan untuk mengubah lingkup situs web atau bisnis Anda sambil mempertahankan nama merek dan domain lama. 

Karena keakraban, fleksibilitas, dan potensinya, saya menyarankan Anda hanya menentukan domain .com untuk situs web gres Anda.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Nama Domain .com Saya Tidak Tersedia?

 atau TLD ialah belahan terakhir dari nama domain Planning Buat Website? Kenali Yuk Ekstensi Domain Ini
Ekstensi Domain

Sebagian besar situs web di internet memakai ekstensi .com. Ini berarti ada hampir 136 juta nama domain .com sudah terdaftar. Ini akan menciptakan Anda merasa bahwa semua nama domain yang manis sudah terdaftar. 

Namun, masih banyak cara cerdas untuk menemukan nama domain .com yang bagus.

Ingat!  
  • Nama domain Anda harus mewakili bisnis dan apa yang Anda lakukan. 
  • Anda sanggup mencoba menambahkan kata-kata kecil sebelum atau setelah nama domain pilihan Anda untuk membuatnya unik. 
  • Pastikan nama domain Anda sanggup dengan gampang diucapkan. Jangan gunakan tanda hubung atau angka di nama domain Anda. 
  • Manfaatkan generator nama domain online. Alat gratis ini akan membantu Anda menemukan ilham nama domain yang masih tersedia. 

Jika Anda memerlukan proteksi lebih lanjut, lihat panduan pemula kami tentang cara menentukan nama domain.

Ekstensi Domain Lainnya Yang Tersedia

 atau TLD ialah belahan terakhir dari nama domain Planning Buat Website? Kenali Yuk Ekstensi Domain Ini
Ekstensi Domain

Ada ratusan ekstensi nama domain yang tersedia. Saya telah mencoba mengambil beberapa ekstensi umum dan terkenal untuk memberi Anda gambaran wacana bagaimana domain ini dimaksudkan untuk digunakan.

Kapan sebaiknya .NET digunakan?

Ekstensi .net ialah ekstensi domain paling terkenal kedua. Domain ini dipakai oleh jaringan bisnis, penyedia layanan internet, atau jaringan komunitas online. 

Menggunakannya untuk situs web bisnis yang tidak terkait ialah ilham yang jelek untuk merek Anda. Misalnya, Anda sanggup memakai .net kalau Anda menjual perangkat jaringan di situs web tetapi tidak untuk toko pakaian.

Kapan sebaiknya .ORG digunakan?

.Org awalnya diluncurkan untuk melengkapi ekstensi domain .com dan .net. Sangat cocok untuk organisasi nirlaba, amal, agama, atau situs web kesadaran sosial. 

Menggunakannya untuk bisnis atau situs web langsung sanggup memberi kesan salah pada pelanggan Anda. Ada organisasi yang memakai .org untuk acara nirlaba mereka dan versi .com dari domain yang sama untuk acara komersial.

Kapan Sebaiknya .BIZ Digunakan?

Ekstensi domain .biz ialah abreviasi untuk bisnis. Mirip dengan ekstensi .com, .biz dimaksudkan untuk dipakai oleh semua jenis situs web bisnis. 

Namun, .biz jauh kurang dekat bagi pelanggan yang membuatnya sulit untuk diingat. Ini juga sanggup memengaruhi persepsi pelanggan wacana bisnis Anda dikala Anda tidak memakai ekstensi .com.

Kapan Sebaiknya .INFO Digunakan?

Ekstensi .info ialah abreviasi untuk isu dan sanggup dipakai oleh portal isu atau situs web serupa. 

Menggunakan ekstensi ini untuk buat website atau blog bisnis sanggup memberi kesan yang salah kepada pengguna. Ini juga akan memengaruhi reputasi merek Anda dan sasaran situs web Anda dalam jangka panjang.

Kapan Sebaiknya .NAME Digunakan?

Ekstensi .name dimaksudkan untuk dipakai oleh individu. Ekstensi domain gres yang kurang terkenal ini dibentuk untuk memberi orang opsi lain untuk mendaftarkan nama domain untuk situs web langsung dengan nama mereka sendiri. 

Karena ketidakbiasaan ekstensi dan ruang lingkupnya, Anda hanya sanggup menggunakannya untuk situs web atau blog pribadi. Anda dihentikan menggunakannya untuk situs web bisnis kecil.

Kapan Sebaiknya .TV Digunakan?

Secara teknis, ekstensi domain tv ialah TLD berbasis negara untuk situs web yang berbasis di Tuvalu (negara kepulauan kecil di Samudera Pasifik). Namun, domain tersebut dipakai oleh situs web terkait tv di seluruh dunia. 

Anda hanya boleh memakai domain ini kalau situs web atau bisnis Anda ialah wacana industri tv. Menggunakannya untuk bisnis atau blog lain akan terlihat aneh. 

Bahkan, meskipun Anda mempunyai situs web terkait tv, saya tetap menyarankan Anda untuk memakai nama domain .com. Banyak perusahaan tv terkenal tidak memakai ekstensi domain .tv. Misalnya, HBO, CNN, CBS, dan puluhan lainnya. 

Ada lusinan ekstensi domain lainnya ibarat .photography, .club, .xyz, .blog, dan banyak lagi. Semuanya terlalu spesifik, kurang mengesankan, dan membatasi potensi situs web Anda.

Bagaimana Dengan Domain Khusus Negara?

 atau TLD ialah belahan terakhir dari nama domain Planning Buat Website? Kenali Yuk Ekstensi Domain Ini
Dengan Domain Khusus Negara

Anda hanya boleh menggunakan ekstensi domain spesifik negara kalau hanya ingin menargetkan pengguna di negara tersebut. 

Tujuan penggunaan ekstensi domain khusus negara dipakai oleh individu dan bisnis di wilayah tersebut. Banyak domain ibarat ini hanya sanggup didaftarkan kalau Anda berada di negara tersebut atau mempunyai perwakilan di sana. 

Ekstensi domain khusus negara sangat manis untuk menciptakan situs web multibahasa atau menciptakan situs web khusus kawasan. Beberapa situs web memakai ekstensi domain negara untuk mendapat ilham cerdas untuk nama domain mereka. 

Misalnya, bit.ly memakai ekstensi domain untuk Libya, atau goo.gl, layanan penyingkat URL oleh Google memakai ekstensi domain negara untuk Greenland. 

Nama domain semacam ini disebut hacks domain. Meskipun terlihat keren, Anda akan memerlukan keterampilan pemasaran untuk mengubahnya menjadi merek yang sanggup dikenali dan mengesankan bagi pengunjung web. 

Saya harap artikel ini sanggup membantu menjawab pertanyaan wacana menentukan ekstensi domain gres untuk situs web Anda. 

Dengan buat website di IDwebhost yang menyediakan bermacam-macam ekstensi domain, Anda sanggup memilihnya dan menikmati paket promo yang diberikan.*

Share To:

Endo Sadewa

Post A Comment:

0 comments so far,add yours