Cara Cas Baterai Laptop  yang Benar Agar Awet Tahan Lama

Cara Cas Baterai Laptop  yang Benar Agar Awet Tahan Lama Cara buat blog itu- Cara Cas Baterai Laptop  yang Benar Agar Awet Tahan Lama
CARA nge-cas (charge) baterai laptop, notebook, atau netbook memilih daya tahan baterai.

Cas yang benar akan menciptakan baterai laptop baka alias tahan lama. Sebaliknya, cara cas baterai laptop yang salah akan menciptakan baterai cepat rusak.

Baterai merupakan komponen utama laptop. Umumnya, dengan daya baterai 100%, laptop sanggup bertahan menyala 4 - 6 jam secara normal.

Namun, jikalau melaksanakan acara kinerja yang tinggi pada laptop, sehingga memakan jumlah RAM yang besar dan kecepatan CPU yang tinggi, maka baterai hanya sanggup bertahan 2 hingga 3 jam.

Cara Cas Baterai Laptop  yang Benar Agar Awet Tahan Lama

Berikut ini Cara Cas Baterai Laptop  yang Benar Agar Awet Tahan Lama.

1. Laptop Baru

Laptop gres biasanya baterai dalam kondisi tidak ada daya atau kosong. Charge dahulu baterai 4 hingga 8 jam hingga indikator lampu baterai menawarkan warna hijau atau biru.

2. Cabut Charge Jika Sudah Full 100%

Penyebab utama cepatnya baterai laptop menjadi bocor yakni kebiasaan lupa mencabut charger dikala baterai sudah full.

Padahal, membiarkan arus listrik terus mengaliri baterai malah sanggup merusak komponen-komponen di dalam baterai. Oleh sebab itu, biar baterai laptop tetap awet, hindarilah mengisi daya dikala kau sedang tidur dan bepergian.

Selalu usahakan cas baterai hingga full 100%. Jangan hingga 40%, 90%, atau di bawah 100%. Jika sudah 100%, casan (charger) eksklusif cabut!

Jika kapasitas baterai laptop masih sekitar 70-80 persen, dan kita sedang menggunakan laptop, jangan takut melaksanakan charge dikala ada kesempatan. 

Jika laptop kita gunakan untuk pekerjaan yang lama, ada baiknya untuk charge terus alias tidak mencabut charger, walaupun baterai sudah penuh. Ini tidak akan merusak baterai sebab laptop sedang digunakan.

3. Hindari Laptop Mati Total

Kita sering lupa ngecas baterai laptop dikala sedang digunakan, hingga kesudahannya laptop mati total. Kebiasaan membiarkan daya baterai hingga benar-benar habis atau mencapai 0%, justru sanggup berakibat fatal.

Laptop yang tiba-tiba mati dikala dipakai sanggup mengakibatkan komponen dalam baterai menjadi cepat rusak.

Jadi, usahakan untuk segera mengisi daya baterai sebelum daya baterai di bawah 20%. Jangan tunggu habis hingga 0%. 

Hasil penelitian menunjukkan, baterai yang terbiasa dicas ketika kapasitasnya masih 70 – 75%, daya tahannya sanggup 5 – 6 kali lebih usang dibanding baterai yang sering di-charge ketika kapasitasnya hampir habis.

Demikian cara merawat dan cas baterai laptop/netbook biar baka tahan lama, dikutip dari laman resmi Acer Indonesia dan sumber lain. Good Luck and Happy Blogging! (www.carabuatblogitu.com).*

Share To:

Endo Sadewa

Post A Comment:

0 comments so far,add yours