Beberapa hari kemudian muncul sebuah duduk kasus yang cukup menciptakan panik banyak Blogger yang memakai komentar bawaan Blogger ibarat saya, yaitu tombol reply (balas komentar) tidak dapat diklik yang menjadikan pengunjung tidak dapat melaksanakan tanggapan pada komentar yang sudah ada.

Saya pun pribadi bertanya di forum santunan Google hari itu juga. Sayangnya belum ada jawaban memuaskan. Setelah melaksanakan beberapa test sendiri alhasil solusinya ketemu di hari yang sama (16 November 2018).

Kalau mau tahu klarifikasi kenapa tombol reply tidak bekerja, klik link lembaga santunan Google di atas

Awalnya tidak berniat hingga dibikin postingan segala, toh solusinya sepele. Dan sudah dishare di grup Blogger Indonesia di Facebook juga (link hanya dapat dibuka oleh yang sudah bergabung ke grup). Saya berpikir niscaya sebagian Blogger sudah baca postingan di sana dan tidak ada lagi yang bermasalah.

Namun ternyata masih ada beberapa yang tidak tahu bahwa ini ialah error dari Blogger, bukan dari pemilik situs. Terutama mereka yang tidak bermain Facebook. Beberapa pengguna template saya berpikir template buatan saya masih ada bug-nya.

Makara postingan ini untuk memberitahukan bahwa tombol reply yang tidak dapat di-klik di komentar ialah error yang muncul dari Blogger sendiri, bukan alasannya ialah templatenya. Mau pakai templete buatan siapapun niscaya mengalami error yang sama.

Cara Mengatasi Tombol Reply di Komentar Blogger yang Tidak Bekerja

Kenapa itu dapat terjadi? Karena si pembuat template menyembunyikan Javascript bundle bawaan Blogger. Makara solusinya ya tinggal memunculkan kembali JS bawaan tersebut.

Caranya gampang. Lihat tag epilog body yang berada di selesai aba-aba HTML template. Penulisannya berbeda-beda tergantung bagaimana kau menulisnya.

Bisa jadi ibarat ini (yang saya pakai):
&lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

Bisa juga ibarat ini:
<textarea style='display:none'><head/><body/></textarea>&lt;/body&gt; 

Atau dapat juga yang lainnya. Tinggal cari saja ya.

Lalu GANTI aba-aba tersebut dengan tag epilog body yang benar, yaitu ini:
</body>

Setelah itu simpan template dan lihat hasilnya.

Jika semua pegaturan di atas sudah dilakukan tapi masih terjadi error, cari aba-aba ini:
&lt;!--</head>--&gt;&lt;/head&gt;

Ganti menjadi ini:
</head>

Kok Tiba-tiba Error Ya?

Ya nggak tau. Mungkin Blogger sudah update. Dia tidak mau script bundle yang seharusnya dipasang malah dihapus. Karena script itu ternyata cukup membantu buat beberapa hal dan dapat menciptakan custom template yang lebih keren. Cuma mungkin lho ya. Saya sendiri lebih suka menyembunyikannya alasannya ialah belum banyak dipakai.

Di atas ialah solusi tercepat yang sementara ini berhasil ditemukan. Efek jeleknya skor blog akan berkurang di beberapa situs test page speed ibarat GTmetrix atau Google Page Speed Insight. Meskipun sesungguhnya loading halaman masih cepet-cepet aja sih. Sayangnya masih ada yang terobsesi sama skor dari web tersebut.

Jika ada solusi selain memunculkan JS bawaan akan saya update di sini. Semoga kebingungan kau hilang dan tidak lantas berganti ke Disqus ya.
Share To:

Endo Sadewa

Post A Comment:

0 comments so far,add yours