Cara Membuat Tulisan yang Baik untuk Blog semoga Ramah Pengguna Cara Membuat Tulisan yang Baik untuk Blog
Cara Membuat Tulisan yang Baik untuk Blog semoga Ramah Pengguna.

Format posting merupakan gosip penting dalam desain blog atau website. Ini menyangkut aspek scannability dan readability.

Bagaimana format posting blog yang baik? Salah satunya yaitu gunakan rata kiri (text align left)!

Perhatikan tampilan posting blog Anda. Apakah tampilan teks (naskah tulisan)-nya rata kiri ataukah rata kiri-kanan (justify)?

Jika rata kiri-kanan (justify), sehingga tampilannya menyerupai format teks goresan pena di koran, buku, atau surat resmi, itu artinya blog Anda menganut "aliran resmi-formal" dan "kaku".

Tampilan posting rata kiri-kanan alias full-justified tidak lazim. Selain menciptakan kaku, memperlambat user untuk membacanya, tampilan teks justify ini juga akan tampak jelek bila ada di kolom sempit.

Sebaliknya, tampilan posting atau teks rata kiri (align-left), akan lebih gampang dibaca, lebih yummy dilihat (dipindai/scanned), dan ini artinya memenuhi aspek "readability naskah online".

Bandingkan kedua format posting ini

Cara Membuat Tulisan yang Baik untuk Blog semoga Ramah Pengguna Cara Membuat Tulisan yang Baik untuk Blog


Agak sulit mencari acuan soal text-alignment ini. CB menemukan salah satu yang "agak lengkap" di lembaga Stack Exchange: Best Way to Align Text on a Website.

Disebutkan, rata kiri dipakai secara umum di situs-situs populer, termasuk Google dan Facebook. User membaca dari kiri ke kanan, kecuali dalam bahasa Arab. Sehingga, bila posting blog kita tidak memakai rata kiri, maka itu akan mengurangi tingkat keterbacaan (decrease readability).

Kebiasaan user membaca format naskah rata kiri ini jangan diubah di blog kita. Maka, gunakan rata kiri di format posting blog Anda.

Cara mengeditnya, cari isyarat berikut ini atau yang mirip, kemudian ubah justify menjadi left

.post {margin:.5em 0 1.5em;border-bottom:1px dotted $bordercolor;padding-bottom:1.5em;text-align:justify;}

HURUF KAPITAL

Selain soal rata kiri, jangan gunakan ALL CAPS atau semua karakter kapital, baik buat judul posting (post title) maupun isi posting (post body).
Full capitalisation is more tiring and slower to read, because it reduces recognition by making all letters a similar size.

Banyak penulis mahir kurang memperhatikan soal format posting ini di blognya atau di media sosialnya. Tulisan mereka bagus, namun kurang diminati alasannya yaitu soal format naskahnya yang tidak scannable dan readable.

Baca: Jangan Gunakan Huruf Kapital Semua di Judul Tulisan Blog

Hal penting lainnya

  • Gunakan alinea pendek. Hindari anak kalimat.
  • Perbanyak ruang kosong atau ruang putih (white space), yakni gunakan jarak antar alinea. 
  • Gunakan bullet-point dan/atau numbering biar lebih yummy dibaca.
  • Gunakan karakter tebal (bold) untuk poin penting.
  • Gunakan subjudul (Subheading) untuk membagi isi posting panjang menjadi beberapa bagian
Format Posting Blog yang Baik disukai user. Apa pun yang disukasi user, disukai pula oleh mesin pencari. Dan apa yang disuka mesin pencari, itulah SEO Blog!

Demikian Cara Membuat Tulisan yang Baik untuk Blog semoga Ramah Pengguna. Good Luck and Happy Blogging! (www.idtutorial.com).*

Share To:

Endo Sadewa

Post A Comment:

0 comments so far,add yours