Perbedaan dan Perbandingan General Blog vs Niche Blog General Blog vs Niche Blog, Bagus Mana?
Perbedaan dan Perbandingan General Blog vs Niche Blog.

Selumnya CB sudah share wacana Cara Memilih Niche Blog dan Menulis Posting di Luar Niche Blog. Tulisan ini untuk memperjelas dan mempertegas perbedaannnya, sekaligus panduan menciptakan kedua jenis blog tersebut yang tentunya berbeda teknik SEO-nya.

Niche Blog adalah blog dengan konten posting yang khusus mengenai topik tertentu (specific topic), contohnya blog sepakbola.

Blog CB ini juga masuk kategori Niche Blog, yakni khusus berisi posting seputar blog, mulai soal desain, tips seo, sampai template. Sesekali nulis non-blog di kategori "Tulisan Lepas" dan "Software".

General Blog adalah blog yang isinya umum, "segala macam" atau "segala ada" alias topik apa saja, tidak terikat pada tema tertentu, yang penting kasatmata dan sekiranya menarik. Misalnya, CB Magazine.

Pertanyaannya sekarang, cantik mana, Niche Blog atau General Blog?

Jawaban sementara, dua-duanya bagus! Yang penting ngeblog deh. Lebih penting lagi, tulisannya asli, karya sendiri, bukan copy paste goresan pena blogger lain, apalagi plagiat/plagiarism!

Saran CB, Anda bikin minimal dua blog itu. Satu Niche Blog, satu lagi General Blog. Apalagi bila Anda sudah diterima oleh Google Adsense... wah... harus banyak tuh blognya, maksimal 500 blog! Lebih banyak blog, lebih banyak peluang dapet duit banyak! Risikonya, ya... konsisten dan rajin update.

Untuk menjawab cantik mana antara Niche Blogging dan General Blogging, mari kita lihat perbandingannya berikut ini.

Kelebihan Niche Blog

  1. Kompetensi. Blog khusus akan menunjukkan kompetensi blogger di bidang tertentu, bidang keahlian. Blog kesehatan, misalnya, akan menunjukkan sang blogger memang andal di bidang itu, kecuali blogger yang COPAS tulisan-tulisan seputar kesehatan :)
  2. Membangun Komunitas. Blog sukses antara lain terbentuknya komunitas pembaca setia, yang disebut "Returning Visitor" dalam Google Analytics. Pembaca ini rajin mengunjung blog, memantau posting terbaru, dan memasukkannya dalam "Reading List" untuk memudahkan pantauan, dan berlangganan vis email (RSS Subscribe).
  3. Search Engine Friendly. Niche blog lebih disukasi mesin pencari (Google, Yahoo, MSN/Bing) sebab memudahkan indexing dan crawling. Mesin pencari  akan gampang mengelompokkan blog khusus ke dalam kelompok topik khusus pula. 
  4. Mudah Dikenali. Jelas dong, sebab niche blog akan mencantumkan deskripsi blog (Meta Tags) wacana topik khusus. Misalnya, "Panduan Blog untuk Pemula - Tips SEO Blog, Desain Blog, Download Template Blog SEO" () atau "Informasi Sepakbola Aktual Pilihan" (Sepakbola Magz).
  5. Branding. Terkait dengan poin no.1, niche blog akan membangun "brand" bagi blogger sebagai "pakar" atau paling tidak sebagai orang yang concern di bidang tertentu.
  6. Meta Keyword. Blog niche memudahkan kita menciptakan "deskripsi blog" dan memasukkan kata kunci yang menjadi target.
Tips:
  • Untuk nama niche blog, gunakan kata kunci (keword) dalam nama atau judul blog (Blog Title), contohnya blog wacana sepakbola, gunakan kata sepakbola sebagai nama blog. 
  • Alamat url juga harus mengandung keyword yang menjadi niche blog.
  • Panduan selengkapnya, baca: Cara Memilih Nama Blog.

Kelebihan General Blog

  1. Larger Audience. Audiens atau pembaca lebih luas. Jelas dong... sebab yang ditulis banyak topik, sehingga memungkinkan menjangkau banyak pembaca.
  2. Lebih gampang menciptakan tulisan. Karena tidak terikat pada topik tertentu, maka general blog lebih gampang diisi, banyak hal yang dapat diktulis, tema apa saja, mulai soal film yang kita suka, buku yang kita baca, sampai mengikuti gosip aktual, contohnya dengan membuka Google Trends.
  3. Iklan Google lebih luas. Google Adsense yang muncul di general blog juga lebih variatif sebab settingan GA mengikuti topik yang ada dalam posting, diubahsuaikan dengan produk/jasa pengiklan (Advertiser).
Tips!
  1. General Blog cocok untuk blog yang memakai nama (asli ataupun panggilan), sebab nama kita tidak akan menjadi sasaran kata kunci dalam postingan.
  2. General Blog cocok juga untuk pemula, sambil mencari "passion" dan bidang spesifikasi yang akan menjadi fokus blogging --dengan menciptakan niche blog nantinya.
Demikian perbedaan sekaligus perbandingan antara Niche Blog dan General Blog. Menurut CB sih, sama-sama bagus, nggak usah bingung! Yang penting... Keep Blogging and Let's make money from blog! Good Luck!

Referensi:
http://www.extramoneyblog.com/niche-content-website-profitable-blog/
idtutorial.com/search?q=cara-memilih-niche-blog/
http://www.jonathanfields.com/to-niche-or-not-to-niche-top-bloggers-tell-all/
Share To:

Endo Sadewa

Post A Comment:

0 comments so far,add yours