dewan perwakilan rakyat Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio melaporkan tujuh media online ke polisi Kasus Eko Patrio: Peringatan untuk Blogger Blog Berita
ANGGOTA dewan perwakilan rakyat Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio melaporkan tujuh media online ke polisi. Pasalnya, ketujuh media online itu dinilai menciptakan informasi bohong atau fintah yang mencemarkan nama baik Eko.

Seperti diberitakan media-media mainstream, termasuk niche blog berita.

Kasus ini sama dengan kasus pemblokiran situs-situs Islam yang diduga simpatisan ISIS atau menebar apa yang disebut "radikalisme". Dari belasan situs yang diblokir Kemenkomifo atas seruan BNPT itu, sebagian besar berupa blog dengan platform blogger juga!

Pelajaran bagi Blogger
Sebagaiman dikemukakan polisi, kasus Eko menjadi pelajaran bagi media-media online. Tentu, termasuk bagi para blogger yang memiliki blog berita.

Umumnya, blog informasi kebanyakan tidak memproduksi sendiri beritanya, tapi berupa copypaste terutama dari situs-situs informasi ternama atau mainstream.

Copas tidak dilarang, selama menyebutkan sumber. Jika copas tidak menyebutkan sumber, namanya plagiat.

Yang berbahaya, jikalau kita "asal copas" tanpa cek dan ricek dan tanpa mempertimbangkan "dampak pemeritaan". Para blogger sebaiknya eksta hati-hati, jangan asal copas dan jangan semata-mata bertujuan mendapat "trafik" atau kunjungan yang banyak.

Sebaiknya, copas atau repos sebuah informasi dibarengi dengan pengecekan kebenaran informasi tersebut, contohnya melalui "perbandingan", yakni menelusuri apakah informasi tersebut juga diberitakan oleh media lainnya, terutama media mainstream/ternama? 

Jika tidak ada di media ternama, maka waspadalah, itu hoax atau informasi bohong yang berisiko bagi para blogger yang copas informasi tersebut.

Jika Anda membangun blog berita, memang sebaiknya meliput sendiri atau menulis informasi sendiri. Blog informasi membutuhkan beberapa reporter, atau teman, tidak dapat sendirian, sebab harus update tiap hari.

Niche blog terbaik yakni tema atau topik yang sesuai dengan passion atau bakat, minat, dan keahlian kita. Jika memaksakan niche blog yang tidak kita kuasai, maka blog kita akan banyak diisi konten hasil copas yang berisiko hoax ibarat kasus Eko di atas.

Demikian sekadar catatan seputar Kasus Eko Patrio yang menjadi Peringatan untuk Blogger Blog Berita. Semoga acara ngeblog kita baik-baik saja, juga mengisi blog yang yang baik-baik saja (positif, bermanfaat), tidak berisiko, dan lancar jaya tanpa masalah. Amin!

Good Luck & Happy Blogging! (www.idtutorial.com).*

Share To:

Endo Sadewa

Post A Comment:

0 comments so far,add yours