yakni forum masyarakat yang berfungsi mengelola informasi dan komunikasi antar Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan Blog
Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).
Foto: babelprov.go.id
Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yakni forum masyarakat yang berfungsi mengelola informasi dan komunikasi antar-warga masyarakat.

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yakni suatu forum layanan publik yang dibuat dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorentasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

Secara praktis, KIM itu menyerupai forum media lokal yang meliput dan menyebarluaskan informasi seputar kegiatan forum masyarakat dan warga sekaligus media komunikasi antar-warga.

Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI No. 08/PER/M.KOMINFO/6/2010 perihal Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial, tanggal 1 Juni 2010, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) atau kelompok sejenis lainnya yakni kelompok yang dibuat oleh, dari, untuk masyarakat secara berdikari dan kreatif yang aktivitasnya melaksanakan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah.

Dasar Hukum KIM
Dasar Hukum KIM adalah 
  1. PP No. 38 Tahun 2007 perihal pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah, pemerintahan tempat provinsi, dan pemerintahan Daerah kabupaten/kota
  2. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI No. 17 Tahun 2009 perihal Diseminasi informasi nasional oleh Pemerintah, Pemda Provinsi dan Pemerintah tempat Kabupaten/Kota, tanggal 17 Maret 200
  3. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI No. 08/PER/M.KOMINFO/6/2010 perihal Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial, tanggal 1 Juni 2010.
KIM berperan memperlancar arus informasi antar pemerintah dengan masyarkat dan antar golongan masyarakat serta menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat.
Media yang sanggup dipakai KIM a.l. buku, buletin, dan media apa pun yang menjangkau warga masyarakat, termasuk --bahkan terutama di periode digital ini-- media umum dan blog.

Layaknya media massa atau forum pers, KIM memilah dan menentukan informasi yang diharapkan bagi kepentingan pribadi, kelompok, masyarakat, dan bangsa secara luas.

Susunan Pengurus KIM
Susunan pengurus diadaptasi dengan kondisi kelompok masyarakat. Keanggotaan sanggup dibagi ke dalam banyak sekali bidang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya: 
a. Ketua dan Wakil Ketua
b. Sekretaris dan Wakil Sekretris
c. Bendahara dan Wakil Bendahara
d. Pusat Informasi
e. Bidang Pengumpulan, Pengolahan, dan Penyebaran Informasi (Tim Redaksi Media KIM)

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi: BlogKIM yang ada ketika ini umumnya sudah memanfaatkan teknologi informasi dan komuninask modern, yakni internet.

Mereka menciptakan blog atau situs plus akun media umum untuk menyebarluaskan informasi seputar dinamika forum dan warga masyarakat sekitar sehingga diketahui oleh warga lain.

Dalam "studi" yang dilakukan CB Blogger terhadap blog-blog KIM, umumnya blog mereka tampil "terlalu sederhana" dengan template bawaan blogger.

Simak saja, sekadar contog Blog KIM Mekarjaya yang diklaim sebagai yang terbaik di Kota Bandung. Konten informasinya juga masih terkesan "amatir" bahkan terkesan "asal muat".

KIM lainnya, misalnya, sanggup disimak di Laman Kominfo Kota Malang.

Masukab buat Blog KIM
Oleh alasannya yakni itu, dalam postinbg Mengenal Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kaitannya dengan Blog ini, CB punya permintaan atau masukan buat pengurus KIM:
  1. Jika menciptakan media berupa blog, gunakan template blog SEO Friendly yang ringan (fast loading) dan responsive (mobile friendly) sehingga gampang diakses oleh warga yang umumnya memakai HP/Smartphone ketika internetan.
  2. Bekali pengurus KIM dengan ilmu dan teknik jurnalistik, terutama dalam hal penulisan berita, sehingga gosip yang dibuat atau posting yang dimuat di blog KIM  "enak dibaca".
Anda, para blogger, sanggup menjadi pengurus KIM di kelurahan atau desa Anda. Dijamin, Anda tidak kekurangan bahan atau konten untuk update posting selama kelurahan/desa Anda dinamis --aktivitas kelurahan/desa, RT/RW, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Karang Taruna, PKK, dan sebagainya.

Demikian Mengenal Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kaitannya dengan Blog. Good Luck & Happy Blogging! (www.idtutorial.com).*

Share To:

Endo Sadewa

Post A Comment:

0 comments so far,add yours