Pengertian Niche Blog dan Platform Blogging Pengertian Niche Blog dan Platform Blogging
Pengertian Niche Blog dan Platform Blogging.

SEBUAH pers kampus atau media online kampus menulis informasi wacana dunia blogging. Dalam informasi disebutkan, pengguna internet kini mencapai 76 miliar!

Hah? 76 Miliar? Penduduk dunia ini berapa? Busyet da ah!

Berbagai sumber menyebutkan, penduduk bumi ini cuma 7-8 miliar doang! Masak jumlah user internet mencapai 76 miliar? Oh.. typo kali ya. Tapi, typo atau kesalahan ketik apanya?

Menurut Worldo Meters, penduduk dunia mencpai 7,4 miliar. Anda dapat memantau pertambahan jumlah penduduk secara Real Time di sana. Jadi, belum nyampe 8 miliar.

Masih menrut Worldo Meters, pengguna internet itu 3,3 miliar atau sekitar 45% dari penduduk dunia. Di situs itu juga ada data posting blog real time yang mencapai 4-5 juta posting per hari.

Kita maklum, namanya juga pers mahasiswa, masih mencar ilmu :) Tapi, entah wartawan kampusnya yang salah tulis, atau memang narasumbernya memang menyebutkan demikian?

Yang "menggelitik" lainnya dari informasi tersebut disebutkan, kita dapat menentukan platform blog, contohnya blog fashion. Hah??? Platform kok fashion?

Lagi-lagi, entah wartawan kampus yang salah tulis, atau memang narasumbernya memang menyebutkan demikian?

Yang jelas, yang dimaksudkan yaitu NICHE blog. PLATFORM blog yaitu kawasan atau situs yang menyediakan akun blog, menyerupai WordPress dan Blogger.

Pengertian Niche Blog

Pengertian Niche Blog dan Platform Blogging Pengertian Niche Blog dan Platform Blogging
Niche yaitu topik, tema, atau ruang lingkup konten blog, contohnya blog berita, blog sepakbola, blog traveling, blog fashion, blog tips kesehatan, dll.

Bisa juga topiknya "apa saja" alias segala hal ditulis sehingga blognya menjadi General Blog.

Baca deh: Niche Blog vs General Blog.

Rupanya, wartawan atau calon wartawan kini harus paham dunia blogging juga ya.

Bahkan, berdasarkan sebuah studi, blogging merupakan keterampilan nomor tiga yang wajib dimiliki wartawan modern atau jurnalis online.

Minimal, dengan menguasai blogging, sang wartawan tidak salah dalam menulis berita, menyerupai pola di atas itu. Mungkin, alasannya yaitu tidak menguasai blogging, karenanya belum paham deh apa itu platform dan niche blog.

Ingat ya, pengertian praktisnya, platform itu "tempat ngeblog", a.l. WordPress dan Blogger. Niche blog itu topik atau tema konten blog, contohnya sepakbola, kesehatan, pendidikan, games, dll.

Tentu masih banyak istilah dunia blogging lainnya, mulai dari pengertian blog, blogger, blogging, blogosphere, vlog, phlog, SEO, keywords, meta tags, template, sampai corporate blogging dan business blogging.

Pengertian Platform Blog

Pengertian Niche Blog dan Platform Blogging Pengertian Niche Blog dan Platform Blogging
Platform blog yaitu kawasan atau situs yang menyediakan akun blog, seperti WordPress dan Blogger.

Selain WP dan Blogger, ada juga TypePad, Weebly, Tumblr, Live Journal, dan lainnya. Banyak deh. Silakan cek: Blogging Platform.

Kata atau istilah platform yaitu bahasa Inggris dengan pengertian Indonesianya, berdasarkan Kamus Bahasa, yaitu panggung, podium, peron (station), atau kegiatan partai.

Tentu yang dimaksud platform di sini yaitu tempat, yakni situs kawasan ngeblog gratis --semua situs kawasan blog gratis keles :)

Platform blog yang paling banyak dipakai yaitu Blogger milik Google dan Wordpress (WP). WP dibagi dua, yakni Wordpres.com templat menciptakan blog gratis dan Wordpress.org yang merupakan Content Management System (CMS) untuk menciptakan sebuah blog dengan domain dan hosting sendiri (SelfHosting).

Demikian Pengertian Niche Blog dan Platform Blogging. Good Luck & Happy Blogging! (http://www.idtutorial.com).*

Share To:

Endo Sadewa

Post A Comment:

0 comments so far,add yours