Santun dalam Berkomentar di Blog dan Media Sosial Sopan-Santun dalam Berkomentar di Blog dan Media Sosial
Sopan-Santun dalam Berkomentar di Blog dan Media Sosial.

KOMENTAR bergairah tanpa sopan-santun di blog atau di media sosial, mencirikan sang komentator atau penulis komen itu tidak beradab (uncivilized people) dan kurang pendidikan budpekerti (budi pekerti).

Mentang-mentang di dunia maya, dapat menyembunyikan identitas asli, banyak orang merasa bebas dan seenaknya aja berkomentar kasar, tidak mencerminkan orang beradab dan berpendidikan --atau memang aslinya tidak beradab dan "tidak sekolah".

Bukan hanya komentar blogger, banyak juga komentar di media umum yang dengan leluasa mengeluarkan kata-kata kasar, jorok, tidak sopan, dan mencerminkan budpekerti atau akal pekertinya yang bergairah dan tidak berpendidikan.

Kita jadi berpikir, benarkah bangsa Indonesia itu bangsa yang dikenal ramah dan santun?

Yang suka komentar jorok, kasar, cabul, bahkan dapat menciptakan orang lain sakit hati, harus dasar, bahwa komentar Anda dicatat oleh malaikat Rakib-Atid. Catatan amal Anda akan dibuka di alam abadi nanti, dan orang yang Anda sakiti akan tiba kepada Anda untuk mengambil pahala amal baik Anda (jika Anda punya).

Media sosial, termasuk dalam hal ini blog, menjadi media ungkapan hati, membuatkan pedoman dan keterampilan.

Namun, banyak juga pengguna media umum (blogger, facebooker) yang akal pekertinya sangat mengerikan, sehingga komentarnya kasar, jorok, suka mem-bully, mengejek, menghina, atau menghujat orang lain --seakan-akan dirinya paling benar dan bersih.

Sekali lagi, mentang-mentang di dunia maya dapat menyembunyikan identitas orisinil alias memakai nama dan akun palsu.

Sopan-Santun dalam Berkomentar di Blog dan Media Sosial itu harus demi korelasi baik dengan sesama manusia, membangun relasi, membangun jejaring (networking), bukan menambah musuh atau menyakiti orang lain.

Komentar Anda di Blog dan Media Sosial Anda cermin kepribadian dan akal pekerti Anda.*

Share To:

Endo Sadewa

Post A Comment:

0 comments so far,add yours