Tips SEO Onpage Blog Terbaru untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung Top 10 Tips SEO Onpage Blog Terbaru untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung
Top 10 Tips SEO Onpage Blog Terbaru untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Agar Tidak Sepi Pembaca!

ALGORITMA Google terus update. Belakangan Google memang tampak "diam-diam" mengupdate cara indeksnya terhadap halaman website atau blog.

Terbaru berjulukan Mobilegeddon yang bisa mengacaukan peringkat hasil pencarian.

Para blogger pun memerlukan taktik gres atau memperkuat tips SEO usang yang masih berlaku.

Teknik SEO Blogger, termasuk SEO Onpage, harus tetap kita lakukan. Usaha, ikhtiar, supaya blog kita cepat dan gampang terindeks Google dan mesin pencari lainnya supaya banyak pengunjung, tidak sepi.

Berikut ini 10 On-Page SEO Tips sayang CB sadur dari Smary Bug Media.

Pengertian SEO Onpage

SEO Onpage ialah optimisasi blog di dalam blog itu sendiri. Hal ini dilakukan supaya blog kita gampang dan cepat terindeks mesin pencari dan mendapat rangking manis di halaman hasil pencarian, terutama Google (SERP).

Peringkat atas di halaman satu (page one) SERP Google akan meningkatkan trafik atau jumlah pengunjung.


Top 10 Tips SEO Onpage Blog Terbaru

1. Optimalkan Blog Anda dengan Satu Kata Kunci atau Topik.

Optimize Your Site Page Around One Keyword or Topic. Era manipulasi kata kunci secara berlebihan (stuffing) telah berlalu. Kata kunci harus muncul di elemen halaman yang penting, ibarat judul halaman, judul posting, alt teks gambar, dan secara alamiah tersebar di naskah tulisan. 

Anda harus tetap menulis untuk insan (pembaca), bukan untuk mesin. Jadi, susunlah naskah secara wajar. Jika tidak, postig Anda --karena berlebihan mengulang kata kunci-- akan dianggap spam dan diabaikan mesin pencari.

2. Ingat bahwa Kata Kunci Itu Penting tapi Bukan dalam Arti Harfiyah.

Remember that Keywords Are Important But Not Verbatim. Anda harus pandai menciptakan variasi kata kunci yang semakna atau satu tema. Contoh kata kunci bahasa Inggris, keywords “inbound marketing tactics” (plural) itu ekuivalen dengan ,"inbound marketing tactic" (singular). Keduanya bisa digunakan.

3. Struktur URL Harus Pendek, Deskriptif, dan Membantu Kategorisasi Situs Anda.

URL Structure Should Be Short, Descriptive and Help to Categorize Your Website. Jumlah katakter judul sebaiknya di bawah 60 abjad supaya semuanya trindeks mesin telusur. Sejumlah kata itu pula yang ditampilkan di halaman hasi pencarian Google.

4. Optimisasi Judul Halaman

Optimize Page Titles. Bisa dikatakan ini tips SEO Onpage paling penting untuhk tahun 2015.  Judul halamalan atau judul goresan pena dipakai oleh mesin pencari untuk menampilkan sebuah halaman (link) dalam hasil pencarian juga muncul di potongan atas browser (address bar). 

Sejak Google hanya menampilkan 50-60 karakter title tag, Anda harus menulis judul posting di  bawah 55 karakter. Anda juga harus menempatkan kata kunci (keywords) atau topik goresan pena di awal judul.

5. Tips SEO Onpage: Gunakan Heading Tags yang Pas.

Utilize Proper Heading Tags. Heading tags yaitu penggunakan tag judul H1, H2, H3, H4 dst. yang biasanya dibedakan dengan ukuran, tebal, dan warna. Tag heding posting harus menggambarkan isi goresan pena kepada pembaca dan mesin pencari perihal topik bahasan.

Mesin pencari bisa mengidentifikasi heading saat ia ditag dengan arahan <h1> dalam halaman HTML. Heading tags juga membantu mesin pencari untuk memilih tingkat kepentingan konten dengan tag <h2> dan <h3>

Hindari penggunan Heading Tags untuk kata generik ibarat “Home” atau “Products”. Jangan letakkan warta penting yang ditag H1 sebagai gambar (image).

6. Optimalkan Alt Text Gambar.

Optimize Image Alt Text. 5 Cara Optimisasi Gambar untuk SEO Blog).

7. Kembangkan Tautan Alami

Grow Natural Links. Meski backlink sudah tidak sepenting masa lalu, inbound link berkualitas tetap diperhitungkan. Inbound links berkualitas tiba dari situs berkualitas.

Baca: 6 cara mendapat backlink berkualitas.

Komentar spam atau "hanya modus" untuk mendapat backlink akan diabaikan Google.

8. Tips SEO Onpage: Tingkatkan Kecepatan Loading Blog Anda!

Increase Site Speed! Sejak 2011 Google mengginakan loading time atau kecepatan tampilan blog dalam memilih peringkat pencarian (search rankings). Kecepatan loading akan terus menjadi faktor penentu peringkat. Pengunjung juga tidak suka blog yang lemot alias butuh waktu usang untuk tambil.

Anda harus memakai template fast loading, simple, bersih, dan tentu saja SEO Friendly dan Responsive. (Lihat: Koleksi Template SEO Friendly).

9. HTTP vs. HTTPS

Bagi pengguna blog selfhosting, sebailnya Anda menggunakan Hyper Transfor Protocal Secure (HTTPS) ketimbang Hyper Text Transfer Protocal (HTTP) demi keamanan situs. Google lebih suka mengindeks halaman yang kondusif bagi pengguna.

10. Pengaruh Pencarian Mobile

Mobile Search Implications. Pastikan blog Anda responsive  atau ramah seluler (mobile friendly) dan tampil cepat (fast loads) di perangkat mobile pengguna. Algoritma MobileGeddon menegaskan pentingnya blog yang ramah mobile.

Demikian Top 10 Tips SEO Onpage terbaru. Meski akan terus ada update algoritma yang baru, trik seo blog terpopuler di atas sepertinya akan terus berlaku sebab tidak rawan manipulasi.

Good Luck & Happy Blogging! (http://www.idtutorial.com).*

Share To:

Endo Sadewa

Post A Comment:

0 comments so far,add yours